rental mobil rental motor

Tugu Jogja

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Info Umum» Tugu Jogja

Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah salah satu landmark kota pelajar ini. Ibarat kata, ia adalah saksi bisu perjalanan kota Jogja mulai dari zaman kolonialisme Belanda hingga abad milenium seperti sekarang ini. Sebuah monumen yang letaknya tepat ditengah-tengah antara Jl. Mangkubumi (sebelah selatan), Jl. Jend. Sudirman (sebelah timur), Jl. AM. Sangaji (sebelah utara) & Jl. P.Diponegoro (sebelah barat). Usianya sudah lebih dari 3 abad, dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Karena berada di jantung kota Jogja, hampir bisa dikatakan jika orang yang tinggal di kota ini bakal berakrab sapa dengannya, saban harinya.

tugu jogjaTugu Jogja yang berusia hampir 3 abad ini memiliki makna filosofis yang mendalam tentang semangat perlawanan atas penjajahan, sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Jogja. Tugu ini didirikan kira-kira setahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri. Sebelumnya bernama Tugu Golong-Gilig. Bentuknya pun berbeda dengan yang sekarang, pada awalnya tugu ini berbentuk tiang silinder yang mengerucut ke atas, Bagian dasarnya berupa pagar yang melingkar sementara bagian puncaknya berbentuk bulat. Ketinggian bangunan tugu pada awalnya mencapai 25 meter.

Tugu Jogja VS Tugu Golong Gilig

Semuanya berubah pada tanggal 10 Juni 1867. Gempa besar yang mengguncang Yogyakarta sat itu membuat monumen tugu runtuh. Kemudian pada tahun 1889, saat pemerintah Belanda merenovasi bangunan tugu. Tugu dibuat dengan bentuk persegi dengan tiap sisi dihiasai semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam renovasi itu. Bagian puncak tugu tak lagi bulat, tetapi berbentuk kerucut yang runcing. Ketinggian bangunan juga menjadi lebih rendah, hanya setinggi 15 meter atau 10 meter lebih rendah dari bangunan semula. Sejak saat itu, tugu Jogja disebut sebagai De Witt Paal atau Tugu Pal Putih

tugu golong gilig

Lokasi: tepat di tengah perempatan Jl. Mangkubumi, Jl. Jend Sudirman, Jl. AM Sangaji dan Jl. Diponegoro
Akses: karena berada di tengah kota, kamu bisa pake transport apa saja. Biar gampangnya, kalau kamu turun di Stasiun Tugu, kamu jalan ke arah utara kira-kira 300 meter.

TIPS: Jika pengin mampir dan menikmati dari dekat tugu Jogja ini, baiknya pada pagi hari saja. Yah, sebelum jam lima pagi. Soalnya di jam begini jalanan Jogja begitu lenggang. Kamu bisa bebas ngambil gambarnya buat dokumentasi, sambil merasakan atmosfir kota dalam remang-remang lampu kota.

GD Star Rating
loading...
Tugu Jogja, 4.5 out of 5 based on 2 ratings


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0

2 comments

  1. tiket pesawat says:

    Tugu Golong Gilig,.
    baru sekarang mendengarnya.
    apa bentunya sama denga yang di gambar itu atau gimana yahh..
    penasaran nihhh

  2. admin says:

    ya, ilustrasi itu sesuai dokumentasi sejarah… jauh lebih tinggi dari tugu jogja yang modern

Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner