rental mobil rental motor

Rumah Dome di Dusun New Ngelepen

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Desa Wisata» Rumah Dome di Dusun New Ngelepen

Rumah Dome di Dusun New Ngelepen

rumah domeBagaimana perasaan kamu jika diajak ke rumah Teletubbies? Rumah Teletubbies yang kami maksud adalah Rumah Dome yang terlihat seperti rumah teletubbies. Penduduk kawasan ini membangun rumah dengan bentuk seperti domes dengan tujuan agar bangunan lebih tahan terhadap gempa. Gempa Jogja tanggal 26 Mei 2006 membuat dusun Ngelepen di Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman berantakan hingga tanah turun  4 meter. Inisiatif pembangunan rumah tahan gempa berbentuk kubah setengah bole ini merupakan hasil kerjasama World Association Of Non-Governmental Organizations (WANGO), The Domes For The World Foundation (DFTW) dan pemerintah Indonsia. Setelah selesai proyek dibangun pada bulan Maret 2007  kemudian dusun tersebut diberi nama “New Ngelepen”.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan ini kami pun saling pandang dan tertawa geli karena dari kejauhan seperti melihat helm-helm raksasa yang dijejerkan. Apalagi semua rumahnya kompak di cat putih. Untung saja pintu dan gentingnya tidak dicat putih karena pasti membuat kami bingung dan bertanya-tanya mereka masuk rumah lewat mana. Kawasan ini sangat bersih, kita bisa dengan mudah menemukan tempat sampah sehingga siapapun yang berkunjung ke sana akan merasa sungkan untuk membuang sampah sembarangan di kawasan Rumah Dome ini.

Saat datang di kawasan Rumah Domes kita akan menjumpai aktivitas penduduk seperti biasanya. Pagi hari anak-anak berangkat ke sekolah dan beberapa orang tua pergi bekerja. Karena lokasi ini didesain sebagai desa wisata Jogja, para penduduk di sana pun terbiasa dengan orang luar. Mereka bakal dengan senang hati menemani anda keliling-keliling desa untuk melihat bangunan-bangunan kembar tersebut, bahkan akan kita jumpai masjid kecil dengan bentuk dome / kubah. Kalau ke sana jangan lupa membawa kamera karena anda juga pasti ingin mengabadikan moment-moment selama di sana. Berkat kerapian, kebersihan, keramahan, dan keunikan kawasan ini, saat melangkahkan kaki keluar dari Rumah Dome kami pun berharap suatu saat bisa kembali lagi ke sana.

 

GD Star Rating
loading...
Rumah Dome di Dusun New Ngelepen, 4.5 out of 5 based on 4 ratings


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0
Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner