rental mobil rental motor

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Tempat Belanja, Wisata Sejarah» Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Sekali waktu berkunjung ke Jogja, mampirlah ke kawasan Kotagede. Kawasan yang terletak sekitar 10 kilometer arah tenggara Kota Jogja ini sangat terkenal sebagai kawasan pengrajin perak. Ratusan warga Kotagede memang menggantungkan hidupnya dari kerajinan ini. Lokasi perajin peraknya tersebar mulai dari Pasar Kotagede sampai Masjid Agung, sepanjang Jalan Kemasan, Jalan Mondorakan, hingga Jalan Tegalgendu. Sedikitnya ada empat jenis tipe produk yang dijual, yakni filigri (teksturnya berlubang-lubang), tatak ukir (teksturnya menonjol), casting (dibuat dari cetakan), dan jenis handmade (lebih banyak ketelitian tangan, seperti cincin dan kalung). Sementara, kebanyakan ornamen kerajinan peraknya sedikit banyak dipengaruhi oleh motif kain batik.

kotagedeHarga sangat bervariasi mulai dari bros Rp 15 ribuan, cincin perak atau miniatur becak ,mulai ratusan ribu hingga ada yang mencapai puluhan juta rupiah  tergantung tingkat kesulitan. Di kawasan ini juga beberapa galeri perak yang menawarkan kursus membuat kerajinan perak. Dalam hitungan hari saja, kamu sudah lumayan banyak tahu cara dan seluk-beluk membuat bros, atau bahkan kereta kencana dari bahan perak. Datang aja ke lokasi pengrajin dan Toko Perak di sepanjang Jalan Kemasan, Jalan Mondorakan, hingga jalan Tegalgendu, Kotagede.

Kualitas Kerajinan Perak Kotagede

Budaya kesenian ukir perak Kotagede, terancam hilang. karena minimnya generasi penerus pengrajin yang memiliki keahlian seni ukir perak yang berkualitas tinggi. Padahal pada tahun 1910an kerajinan perak kotagede mengalamai masa kejayaan dengan banyaknya pesanan dari orang-orang Belanda.  hal ini terbukti dengan disimpannya 800-an desain produk perak Kotagede di Museum Tropen, Rotterdam.

TIPS : Bila ingin membeli perak disini, jangan keburu membeli di satu toko. Baiknya dibandingkan dulu dengan harga toko lainnya. Siapa tahu kamu dapat harga yang lebih murah karena di Kotagede banyak sekali toko yang menawarkan kerajinan perak dari berbagai desain dan harga.

GD Star Rating
loading...
Pusat Kerajinan Perak Kotagede, 4.5 out of 5 based on 2 ratings


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0
Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner