rental mobil rental motor

Pusat Kerajinan Keramik dan Gerabah Kasongan

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Desa Wisata, Tempat Belanja» Pusat Kerajinan Keramik dan Gerabah Kasongan

Pusat Kerajinan Keramik dan Gerabah Kasongan

Bisa dibilang desa wisata Gerabah Kasongan sudah terkenal sejak lama karena kerajinan gerabahnya yang terkenal. Disini bisa disaksikan para penduduk setempat yang berprofesi sebagai pengrajin mengerjakan kerajinan gerabah. Gerabah dari tempat ini sempat porak-poranda oleh gempa bumi besar yang mengguncang Yogyakarta, tetapi dengan dukungan dari pemerintah tempat ini dengan cepat memulihkan keadaannya. Itulah desa wisata Kasongan dengan produk kerajinan gerabah / keramik andalannya, yakni perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung. Hingga kini, produk gerabah buatan mereka masih menjadi andalan potensi pariwisata daerah Bantul.

kasongan

Kasongan Sebagai Desa Wisata

Dulunya kawasan desa wisata Kasongan ini merupakan wilayah pemukiman para kundi, yang berarti buyung atau gundi (orang yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur dan juga barang hias). Dan akhirnya kebiasaan itu terus diturunkan hingga generasi sekarang. Kini, di desa Kasongan ini kamu bisa menjumpai puluhan galeri gerabah yang tersebar di sepanjang kiri dan kanan jalan. Para wisatawan yang berkunjung ke sana bisa memesan jenis motif gerabah atau keramik sesuai keinginannya, seperti burung merak, naga, bunga mawar dan banyak lainnya. Produk khas Kasongan seperti guci, tempat bunga, hiasan dinding, kini mulai banyak diminati pembeli luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Spanyol.

Di sana kamu juga bisa nonton langsung proses pembuatan keramik, di galeri yang memproduksi langsung di tempat. Mulai dari penggilingan, pembentukan bahan, hingga penjemuran produk yang biasanya memakan waktu 2 – 4 hari. Produk yang telah dijemur lantas dibakar, dan akhirnya di-finishing menggunakan cat tembok atau cat genteng.

DATA
Lokasi : Desa Kasongan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul , Jl. Bantul km 6,5.
Jam operasional : setiap hari, mulai pukul 08.00 – 17.00.
Fasilitas : puluhan gerai atau toko yang menjual hasil kerajinan gerabah.
Harga : sebagai contoh, vas bunga ukuran besar harganya Rp. 17.500,- yang kecil Rp. 3.000,-. Pot bunga harganya Rp. 20.000,-. Satu set meja kursi harganya Rp. 180.000,-

TIPS : Kalo berniat beli gerabah kasongan, sebaiknya hati-hati bawanya. Soalnya barang gerabah itu mudah pecah atau retak. Sayang kan, kalo vas bunga cantik yang kamu beli, belum sampe rumah sudah pada retak-retak lantaran jatuh di jalan.

GD Star Rating
loading...
Pusat Kerajinan Keramik dan Gerabah Kasongan, 3.3 out of 5 based on 3 ratings


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0

2 comments

  1. indigo says:

    semakin banyak wisatawan asing ke kasongan.kadang2 penjaga toko kesulitan dalam berkomunikasi.adakah wadah guide lokal wilayah kasongan??kalau ada saya ingin gabung

  2. mas,Yono says:

    Selamat siang bpk/ibu pimpinan perusahaan,
    Kami dari Batik Bogor Tradisiku yang membuat Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Printing
    KINI Memiliki INOVASI baru yaitu MOZAIK BATIK TRADISIKU “ serta ingin mengajak bekerja sama dengan usaha bapak/Ibu untuk membuat/memasarkan kerajinan tangan Inovasi baru ini, … kerajinan tangan kami menggunakan kain ASLI untuk memberikan warna dan motif pada berbagai product interior dengan hasil akhir seperti keramik yang dapat di aplikasikan pada berbagai produk seperti :
    1. Pot bunga dari kain batik ( atau motif kain yang Anda sukai )
    2. Vas bunga, celengan gerabah , guci, teko, pilar
    3. Standing Flower bermotif Batik atau sesuai pilihan Anda
    Untuk foto / gambar dapat di lihat di : mozaikbatiktradisiku.blogspot.com
    Atau dapat menghubungi kami di :
    BATIK BOGOR TRADISIKU
    Jln.Jalak.No.2 – Tanah Sareal – Kota Bogor
    Pone : 0251-8374 616 Mobile : 0877 8023 2659 ( yono/Abin )
    Atau dapat menghubungi : Dinas Per-Industrian dan Perdagangan Kota Bogor untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut tentang Usaha dan legalitas kami…sebagai pelaku UKM..
    Salam hormat kami
    ( Yono )

Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner