rental mobil rental motor

Penghargaan Adipura 2012 untuk Yogyakarta

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Berita Jogja» Penghargaan Adipura 2012 untuk Yogyakarta

Penghargaan Adipura 2012 untuk Yogyakarta

adipura 2012Empat kota di Indonesia dinyatakan sebagai Kota Besar Terbersih, membuat mereka layak mendapat penghargaan Adipura 2012 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan akan diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Empat kota tersebut yakni Malang, Balikpapan, Manado, dan Yogyakarta. Dalam jumpa pers di Yogyakarta, Senin (4/6), Kepala Bidang Keindahan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono menjelaskan, empat kota yang dinyatakan Kota Besar Terbersih tersebut memiliki sejumlah kriteria.

Antara lain, pengolahan sampah dengan penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), pengendalian pencemaran air, keteduhan atau penghijauan, serta koordinasi antar sektor yang melibatkan peran aktif masyarakat.

Agus menjelaskan, penghargaan Adipura ini merupakan kebanggaan sendiri karena mampu mempertahankan piala tersebut hingga tahun ini. Bahkan keberhasilan lain yang diperoleh Kota Yogyakarta adalah mendapat nilai terbaik untuk Terminal Terbaik Terbersih dan Pasar Terbaik Terbersih.

Ketika disinggung tentang pengelolaan lingkungan hidup di Yogyakarta, persoalan utama yang dihadapi adalah mengubah mindset masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Kalau untuk pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, pengelolaan air, dan udara memang masih perlu untuk evaluasi lagi. Namun, yang menjadi target utama saat ini justru kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan,” kata Agus.

Kesadaran masyarakat tersebut dicontohkannya, membiasakan masyarakat untuk memilah sampah, tidak merokok sembarang tempat, menjaga kualitas air, dan menanam tumbuhan hijau.

Untuk meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, pemerintah juga membuat buku Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Buku ini sangat membantu karena dapat mengetahui kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta berupa lingkungan, air, udara, lahan, kegiatan industri yang mengakibatkan pencemaran.

Informasi flora-fauna dan peraturan daerah tentang lingkungan serta SDM yang bergerak di dalamnya dapat juga terliput dalam buku tersebut. “Buku SLHD ini sangat efektif untuk digunakan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Berkat buku ini kami juga berhasil mendapat penghargaan dari KemenLH,” tambahnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono menambahkan, Adipura yang diterima oleh Kota Yogyakarta bukan semata-mata hanya penghargaan. Namun, merupakan pemantik untuk terus melakukan pengelolaan lingkungan hidup secara baik dan benar.

“Kami ingin masyarakat juga terlibat aktif dalam pengelolaan lingkungan ini. Lingkungan menjadi tanggungjawab bersama,” kata Eko.
(Olivia Lewi Pramesti/http://nationalgeographic.co.id)

GD Star Rating
loading...



Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0
Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner