rental mobil rental motor

Pantai Samas, Wisata Ke Tempat Konservasi Penyu

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Wisata Alam» Pantai Samas, Wisata Ke Tempat Konservasi Penyu

Pantai Samas, Wisata Ke Tempat Konservasi Penyu

pantai samasJika ingin berlibur ke pantai sembari menyaksikan ombak besar datang saja ke Pantai Samas. Pantai ini hanya berjarak 24 kilometer dari Yogyakarta tepatnya berlokasi di Desa Srigading, Sanden, Bantul. Di sini terdapat telaga air tawar yang dimanfaatkan untuk budidaya perikanan seperti penyu dan udang galah. Samas sangat cocok bagi habitat penyu, makanya kita dapat menjumpai beragam jenis penyu seperti Penyu Hijau, Penyu Blimbing, Penyu Lekang, dan Penyu Sisik. Karena menjadi habitat yang begitu disenangai penyu, tempat ini pun akhirnya dijadikan lahan konservasi penyu. Biasanya penyu-penyu tersebut akan menuju ke darat untuk bertelur. Hanya saja resiko kematian telur-telur yang diletakkan indukan di Pantai Samas cukup tinggi.

Sebagai salah satu upaya konservasi, para petugas di Pantai Samas kemudian mengambil telur-telur tersebut lalu diletakkan di sarang buatan. Di sana telur-telur tersebut dipelihara sampai menetas. Setelah menetas anak-anak penyu akan dirawat secara telaten dengan memberi mereka makanan berupa telur semut atau kroto. Tak selalu kroto, kadang mereka diberi makan ikan yang dicacah kecil-kecil agar mudah masuk ke mulut anakan penyu. Nah, setelah tiga bulan di rawat dan penyu-penyu sudah cukup besar dan kuat, petugas konservasi pun tidak lantas menjualnya. Mereka akan melepasnya ke laut agar keberadaan penyu-penyu tersebut tetap lestari. Selain bisa melihat beragam penyu, kita juga bisa menikmati ombak yang menyapu pasir putih dan menikmati udara sejuk pantai. Hanya saja karena ombaknya cukup besar dengan bibir pantai yang curam, saat berlibur ke Pantai Samas ini kita musti senantiasa waspada.

GD Star Rating
loading...
Pantai Samas, Wisata Ke Tempat Konservasi Penyu, 4.0 out of 5 based on 1 rating


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0
Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner