rental mobil rental motor

Keraton Yogyakarta

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Wisata Sejarah» Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Bagi wisatawan di Jogja sempatkanlah berkunjung ke Keraton Yogyakarta, atau biasa disebut Kasultanan Ngayogyakarta. Pasalnya Kraton Jogja / Keraton Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1755 ini adalah pusat budaya jawa dan menawarkan eksotisme yang sulit tertandingi. Saat ini, Keraton Yogyakarta digunakan sebagai tempat tinggal keluarga Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menjadi raja sekaligus gubernur di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lahan bangunan Keraton yang luasnya 5km dikelilingin oleh pagar beteng. Pada 4 sudut lahan, terdapat bangunan kecil yang dikenal dengan pojok beteng. Pintu gerbang ke beteng Keraton melewati apa yang disebut sebagai plengkung. Selain sebagai tempat tinggal raja, di dalam lahan kereton terdapat sejumlah kampung tempattinggal penduduk Jogja, yang mana masyarakatnya dahulu kala merupakan abdi dalem Keraton Jogja. Namun kini, orang yang tinggal di dalam beteng Kraton tidak harus sebagai abdi dalem, bahkan bisa saja orang bukan asli Jawa yang tinggal di sana karena mungkin telah membeli tanah dan rumah dari pemilik sebelumnya, atau mengontrak rumah di wilayah kecamatan Keraton (istilah lokalnya, “njeron beteng” /”dalam beteng”). Jadi, warga yang tinggal di “njeron beteng” Keraton Jogja tidak selalu punya hubungan dengan Keraton.

Sejarah dan Denah Keraton Yogyakarta

denah keraton yogyakartaDi tempat ini kita bisa menemukan peninggalan Sejarah Keraton Yogyakarta tanda kebesaran Kerajaan Mataram yang tersaji lewat arsitektur bangunannya. Dari Utara ke selatan area kraton ini terdapat Alun-alun Utara, Siti Hinggil Utara, Kemandhungan Utara, Srimanganti, Kedhaton, Kemagangan, Kemandhungan Selatan, Siti Hinggil Selatan dan Alun-alun kidul. Selain itu terdapat pula Pusaka Kerajaan Keraton Yogyakarta disebut sebagai Kagungan Dalem (harfiah=milik Raja. Benda pusaka keraton memiliki nama khusus, misalnya “Kyai Permili”, yaitu sebuah kereta kuda yang digunakan untuk mengangkut abdi-Dalem Manggung yang membawa Regalia. adapula koleksi pusaka keraton lainnya seperti: Lambang kebesaran, Kereta Kuda, Tanda Jabatan, Bendera, Senjata Prajurit, dan beberapa Manuskrip Kuno. yang tak kalah menariknya adalah keberadaan prajurit-prajurit kerajon Jogja yang hingga kini masih ada, yaitu : Prajurit Wirobrojo, Prajurit Patangpuluh, Prajurit Dhaeng, Prajurit Jogokaryo, Prajurit Mantrijero, Prajurit Ketanggung, Prajurit Nyutro, Prajurit Prawirotomo, Prajurit Surokarso dan Prajurit Bugis.

keraton yogyakartaSalah satu bangunan yang sangat pernting fungsinya adalah Bangsal Kencana tempat raja memerintah. Di dekatnya terdapat Bangsal Prabayeksa yang berfungsi sebagai tempat menyimpan senjata-senjata pusaka kraton. Sementara itu, Bangsal Srimanganti sering digunakan untuk menggelar pentas pertunjukkan seni, misalnya tari klasik kraton, wayang kulit, dan sebagainya. Sebagai tambahan, sekalipun setiap bangunan di Kraton Yogyakarta ini masih dianggap sakral, namun setiap orang bisa mengunjunginya. Dengan catatan, setiap pengunjung mesti tetap mengindahkan peraturan-peraturan yang ada di objek wisata sejarah Jogja ini.

Lokasi : Sebelah selatan Alun-alun Utara
Tiket masuk : wisataan domestik Rp. 5.000, wisatawan asing Rp 7.500
Waktu berkunjung/jam operasional : senin-Minggu 08.00 – 14.00, Jumat : 08.00 – 12.00
Fasilitas : jasa pemandu wisata, tempat parkir.

TIPS : Dimalam hari, kamu bisa menikmati makan lesehan di sepanjang jalan / alun-alun utara, dengan menu burung dara goreng, pecel lele hingga nasi gudeg & wedang ronde. Oh iya, di alun-alun utara juga terdapat Bakmi Pak Pele yang terkenal itu. Adapun pemandu wista tak perlu menyewa lagi karena sudah disediakan pihak keraton Yogyakarta.

GD Star Rating
loading...
Keraton Yogyakarta, 5.0 out of 5 based on 3 ratings


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0
Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner