rental mobil rental motor

Gunung Merapi

jogjawae
Yogyakarta / Jogja» Wisata Alam» Gunung Merapi

Gunung Merapi

Bagi pecinta tantangan di alam terbuka, objek wisata Gunung Merapi patut disinggahi. Sekitar 30-an km utara kota Jogja kamu akan sampai di Gunung Merapi, salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Meletus lebih dari 37 kali, yang terbesar pada tahun 1972, menewaskan 3000 jiwa. Sekalipun begitu, gunung dengan ketinggian 2968 meter dpl ini menawarkan panorama alam yang sulit untuk diabaikan. Makanya, banyak pendaki gunung ataupun pecinta alam yang merasa belum puas jika belum sempat menginjakkan kakinya di puncak gunung ini.

gunung merapi

Jalur Pendakian Gunung Merapi

Saat ini ada tiga jalur pendakian untuk mencapainya, yaitu jalur Kinahrejo/ Kaliadem dari sisi selatan, Jalur Babadan melalui lereng barat, dan Jalur Selo/ Plalangan dari sebelah utara puncak Merapi. Pendakian dari arah utara merupakan jalur yang disarankan karena mempunyai lereng yang lebih landai. Waktu yang baik untuk melakukan pendakian adalah antara bulan Juni – Agustus. Selang waktu tersebut sudah memasuki musim kemarau dan angin tidak terlalu kencang.

Di lereng barat Gunung Merapi terdapat Pos Babadan yang dilengkapi gua sebagai ruang penyelamatan. Dari pos yang dibangun tahun 1930 ini, kamu bisa lihat morfologi Puncak Merapi yang terjal dengan kubah lava aktifnya. Pada saat gunung sedang aktif, suara-suara guguran lava terdengar cukup jelas.
Di lereng utara Merapi terdapat beberapa objek wisata yang menarik seperti air terjun Kayang setinggi 50 m di Desa Wonolelo. Mata airnya berasal dari Tuk Sanga (mata air sembilan) di dusun Windu Kidul lereng Gunung Merbabu. Ada pula arena kemah yang berlokasi di atas air terjun tersebut.

Lokasi : 30-an km utara kota Jogja
Akses objek wisata : karena jalur yang disarankan adalah jalur utara atau jalur Selo, maka ketika mau mendaki, kamu bisa lewat Kabupaten Boyolali, dan menginap di Desa Lencoh/ Blumbangsari, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Di desa tersebut ada penginapan atau beberapa rumah penduduk yang dapat disewa dan sekaligus menyediakan jasa pemandu (guide) yang berpengalaman.
Fasilitas : 6 pos pengamanan, gua perlindungan

TIPS : Kalo mau naik izin dulu ke Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang berada di Jl. Baciro, Lempunyangan. Di tempat ini bayar tiket pendakian Rp. 1.500,- per orang. Lalu kalau mau nginap dan bikin kegiatan bayar retribusi per hari per kelompok sebesar Rp. 15.000,- sampe Rp. 20.000,-. Juga bikin 2 buah materai buat surat izin masuknya.

GD Star Rating
loading...
Gunung Merapi, 3.0 out of 5 based on 2 ratings


Sebarkan informasi ini melalui social media berikut :


You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0
Tinggalkan Komentar :

Mau Berlangganan Artikel ?

  • rita

    kami bermaksud menyewa mulai tgl 29 samp...

  • anda

    sya mau cri kost murah ce co boleh d.dae...

  • andy

    Kami perlu 1 rumah/villa di kaliurang (2...

  • arini

    Sy lupa tanggalnya tp juga pernah mngala...

  • Fian

    itu dari hasil foto apa langsung video s...




paypal
hotel jogja PROFIL JOGJAWAE Jogjawae.com adalah blog wisata Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam info event dan berita daerah terbaru, serta panduan bagi wisatawan untuk mencari Penginapan / hotel, objek wisata, kuliner, transportasi, souvenir & oleh-oleh.
Di samping itu, kami melayani jasa Reservasi Hotel, Rental mobil, Motor & Sepeda bagi tamu yang akan berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kedepannya, kami berharap dapat melakukan yang terbaik untuk mempromosikan Yogyakarta kepada masyarakat dunia dengan menjadikan blog ini secara bertahap menjadi situs portal pariwisata yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai sistem layanan online terpadu.

Our Network

Our Partner